Ordo Homoptera

Wereng, kutu kebul, aphis (Ordo Homoptera)

Homoptera berasal dari kata Homo yang berarti seperti/seragam, dan Ptera yang berarti sayap. Ciri-ciri ordo ini antara lain :
1. Tubuh
Memiliki tubuh yang sangat kecil sampai besar. Ordo ini memiliki antenna yang pendek seperti bulu keras atau lebih panjang dengan bentuk filiform. Jenis mulut ordo ini adalah penusuk penghisap yang muncul dari belakang kepala. Serangga-serangga ini juga tidak memiliki cerci.
2. Sayap
Bagi serangga yang bersayap, memiliki 2 pasang sayap. Sayap depan seragam bentuknya, yaitu seperti selaput atau sedikit menebal. Sayap belakang juga berbentuk seperti membran. Ketika istirahat, bentuk sayap mirip dengan genting.
3. Habitat
Habitat ordo ini di berbagai tanaman, umumnya pada daerah yang lembab.Ordo ini memiliki gerak yang khas ketika terganggu, yaitu bergerak ke samping. Ordo ini juga terkenal dengan kemampuan melompat dan beberapa jenis juga mampu bernyanyi atau menghasilkan suara.
homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera homoptera
Sumber gambar : Ordo Homoptera

Referensi : Program Nasional Pelatihan dan Pengendalian Hama Terpadu. 1991. Kunci Determinasi Serangga. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.

Posting Komentar untuk "Ordo Homoptera"