Ordo Odonata

Capung (Ordo Odonata)

Odonata memiliki arti bergigi. Ciri-ciri ordo ini antara lain :
1. Tubuh 
Memiliki ukuran tubuh yang besar dengan antenna pendek dan kaku. Tubuh panjang dan ramping. Abdomen berbentuk panjang dan ramping. Tipe mulut ordo ini adalah penggigit pengunyah. 
2. Sayap
Sayap ordo ini berbentuk seperti selaput dan mempunyai banyak vena. Ketika terbang, serangga-serangga ini menggerakkan pasangan sayapnya bergantian antara pasangan sayap depan dan belakang. Odonata dikenal sebagai penerbang dengan kemampuan akrobatik termahir, bahkan serangga-serangga ini mampu melakukan kopulasi sambil terbang, bahkan juga dapat sambil menikmati mangsa.
3. Habitat
Habitat ordo ini berbeda antara fase nimpha dan dewasa. Pada fase nimpha serangga dalam ordo ini hidup di air, sedangkan fase dewasa hidup bebas di darat atau udara. Setelah beberapa kali ganti kulit di air, nimpha instar terakhir akan merayap keluar dari air, memecahkan kulit untuk terakhir kali dan mulai hidup di udara. Sebagian besar sebagai penerbang yang baik dan mampu menempuh jarak beberapa mil. Sering melakukan perkawinan sambil terbang.
4. Peran
Serangga-serangga ini berperan sebagai predator serangga dan binatang kecil lainnya pada fase nimpha maupun dewasa.

5. Famili-famili

A. Famili Petaluridae
B. Famili Gomphidae (Capung berabdomen bengkak)
Ciri-ciri : Dilihat dari sisi atas, mata tidak bertemu, ruas abdomen akhir kadang-kadang menggembung (membengkak) seperti alat pemukul, betina tidak mempunyai ovipositor. Ukuran tubuh sekitar 2-3 inci dan berwarna coklat tua atau hitam dengan spot/pita kekuningan atau kehijauan. 

Sebagian besar hidup di sepanjang aliran air atau tepi danau yang luas. Biasanya terbang mantap tanpa periode melayang, beberapa kadang-kadang terbang dengan gerak mengombank. Dewasa sering hinggap pada permukaan yang datar. Umumnya bertindak sebagai predator, memangsa serangga kecil lainnya terutama yang sedang terbang.

C. Famili Aeshnidae
D. Famili Cordulegastridae
E. Famili Macromiidae
F. Famili Corduliidae
G. Famili Libellulidae
F. Famili Calopterygidae
G. Famili Lestidae
H. Famili Protoneuridae
I. Famili Coenagrionidae






Referensi : Program Nasional Pelatihan dan Pengendalian Hama Terpadu. 1991. Kunci Determinasi Serangga. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.


Posting Komentar untuk "Ordo Odonata"