Ordo Orthoptera

Belalang, Jangkrik (Ordo Orthoptera)

Orthoptera berassl dari kata Ortho yang berarti lurus, dan ptera yang berarti sayap. Ciri-ciri ordo ini antara lain :
1. Tubuh
Memiliki ukuran tubuh yang sedang hingga besar. Alat mulut adalah menggigit mengunyah. Pada serangga betina, memiliki ovipositor yang berkembang baik. Serangga jantan ada yang mempunyai alat penghasil suara yang terletak di tibia atau abdomen.
2. Sayap
Anggota ordo ini ada yang memiliki sayap, dan ada yang tidak. Bagi yang bersayap, jumlah sayapnya adalah dua pasang. Bentuk sayap depan panjang menyempitt dan terdapat banyak venaa serta bentuknya menebal seperti kertas perkamen. Bentuk sayap belakang adalah bermembran, bentuk  melebar, dan memiliki banyak vena.
3. Habitat
Habitat ordo ini pada umumnya di areal pertanaman budidaya, kadang juga ditemukan di lingkungan rumah atau tempat tinggal.
4. Perilaku
Beberapa jenis jantan dikenal pandai menyanyi/menghasilkan suara. Suara ini dihasilkan dengan menggosokkan kaki belakang dengan tegmina atau dengan menggesekkan sayap belakang dengan keras saat terbang. Nyanyian ini dilakukan serangga jantan untuk menarik perhatian serangga betina. Pada umumnya satu serangga mampu menghasilkan lebih dari satu suara.
Serangga betina meletakkan telur dengan cara menyisipkannya di antara jaringan tanaman, di dalam tanah, di ranting tanaman dengan dilindungi busa atau dalam kantung di tempat-tempat tersembunyi. Terdapat jenis betina yang justru akan membunuh serangga jantan setelah perkawinan, contohnya pada belalang sembah.
5. Peran
Serangga pada ordo ini sebagian besar berperan sebagai perusak tanaman, beberapa merusak bahan simpanan, tetapi ada pula yang bertindak sebagai predator.

Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera Orthoptera  
Sumber gambar : Orthoptera

Referensi : Program Nasional Pelatihan dan Pengendalian Hama Terpadu. 1991. Kunci Determinasi Serangga. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.


Posting Komentar untuk "Ordo Orthoptera"