Ordo Plecoptera

Lalat batu (Ordo Plecoptera)

Plecoptera berasal dari kata Pleco yang berarti terlipat atau terjalin, dan Ptera yang berarti sayap. Ciri-ciri ordo ini antara lain :
1. Tubuh 
Memiliki warna tubuh yang pudar dan tidak mengkilap. Ukuran tubuh ordo ini sangat kecil sampai kecil dan memiliki antenna panjang. Tipe alat mulut ordo ini adalah penggigit.
2. Sayap
Beberapa serangga memiliki sayap panjang atau pendek, dan beberapa tidak bersayap. Bentuk sayap ordo ini seperti selaput. 
3. Habitat
Serangga ordo Plecoptera yang memiliki sayap sering terdapat di alam tebuka, di kulit-kulit pohon, daun-daunan, semak belukar atau di bawah batu-batuan. Sedangkan yang tidak bersayap hidup di gedung-gedung, atau juga di buku maupun kertas bekas. Sebagian besar serangga-serangga ini memakan jamur, gandum, tepung sari atau serpihan-serpihan serangga mati.

plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera plecoptera
Sumber gambar : Plecoptera
Referensi : Program Nasional Pelatihan dan Pengendalian Hama Terpadu. 1991. Kunci Determinasi Serangga. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.

Posting Komentar untuk "Ordo Plecoptera"