Serangga dan Kehidupan Manusia

Keberadaan serangga dalam kehidupan manusia tidak dapat dihindari. Serangga secara langsung maupun tidak langsung berhubungan dengan berbagai aspek kehidupan manusia, seperti Pertanian, Kesehatan, Pendidikan, Industri, hingga Wisata.

1. Serangga dalam bidang Pertanian

Serangga dalam bidang pertanian dapat menempati beberapa posisi. Banyak orang mengenal serangga dalam pertanian sebagai Hama. Padahal, hama adalah istilah dari manusia dikarenakan adanya peran kepentingan perihal hasil budidaya. Namun, selain sebagai hama, serangga juga berperan sebagai Musuh Alami. Musuh alami adalah serangga yang menjadi predator ataupun menjadi parasitoid serangga hama. Serangga sebagai musuh alami memiliki citra yang berbanding terbalik dengan serangga hama, padahal keduanya sama-sama serangga. Hal ini membuktikan bahwa baik tidaknya serangga, seringkali hanya dikarenakan anggapan manusia. Selain sebagai musuh alami, serangga dalam bidang pertanian juga dapat berperan sebagai pembantu penyerbukan.

hama tanaman hama tanaman hama tanaman hama tanaman hama tanaman hama tanaman hama tanaman hama tanaman
 Sumber gambar : Serangga dan Pertanian

2. Serangga dalam bidang Kesehatan

Serangga dalam bidang kesehatan pada umumnya dikenal sebagai pembawa penyakit, dan penyebab penyakit. Nyamuk merupakan serangga yang sudah sangat dikenal diseluruh penjuru dunia. Nyamuk bahkan menjadi topik utama dalam penelitian Entomologi kesehatan. Selain nyamuk, kecoak juga merupakan serangga yang banyak dikenal dalam bidang Entomologi kesehatan.

nyamuk vektor penyakit manusia nyamuk nyamuk nyamuk nyamuk nyamuk nyamuk nyamuk nyamuk nyamuk nyamuk nyamuk nyamuk nyamuk nyamuk  
Sumber gambar : Nyamuk

3. Serangga dalam bidang Pendidikan

Serangga dalam bidang pendidikan lebih banyak jenisnya. Semua serangga yang telah diteliti dan dapat menjadi sumber pengetahuan dan inspirasi pemikiran dapat bermanfaat dalam bidang pendidikan. Secara umum dalam bidang ini serangga digunakan sebagai media edukasi dengan bentuk museum serangga. Padahal serangga juga dapat menjadi bahan inspirasi untuk manusia, sebagai contoh kupu-kupu yang telah menjadi serangga populer untuk menjelaskan perlunya berubah menjadi lebih baik. Semut, yang terkenal karena kerja tim nya. Capung yang terkenal sebagai penerbang unggulan, dan berbagai serangga yang menjadi sumber inspirasi dan pengetahuan.
pendidikan serangga pada anak anak serangga edukasi serangga edukasi serangga edukasi serangga edukasi serangga edukasi serangga edukasi serangga edukasi serangga edukasi

4. Serangga dalam bidang Industri

Serangga dalam bidang industri atau bisnis sudah umum diketahui oleh manusia. Meskipun serangga merupakan mahluk kecil, tidak seperti hewan-hewan lain. Namun manfaat dari serangga juga sangat besar. Lebah madu adalah serangga yang sudah dikenal sebagai penghasil Madu, yang hingga saat ini terus digunakan dalam berbagai kebutuhan industri, terutama industri makanan dan obat-obatan. Ulat sutra juga tidak kalah terkenal, serangga ini menjadi sumber benang sutra yang menjadi bahan kain sutra. Hingga saat ini kain sutra terus dikembangkan.
kepompong pupa ulat sutera ulat sutera ulat sutera ulat sutera ulat sutera ulat sutera ulat sutera ulat sutera ulat sutera ulat sutera ulat sutera ulat sutera
 Sumber gambar : Kepompong Ulat Sutera


5. Serangga dalam bidang Pariwisata

Serangga dalam bidang pariwisata juga tidak kalah terkenal. Beberapa jenis serangga dapat membuat manusia terkagum-kagum dengan morfologinya. Serangga yang paling umum dikagumi berasal dari golongan kumbang, kupu-kupu, dan belalang. Namun, beberapa jenis lain juga menjadi mahluk yang indah. Pengawetan serangga telah menjadi daya tarik dalam bidang wisata, seperti yang dilakukan di beberapa museum serangga, baik di Indonesia maupun di Dunia.

museum satwa serangga kupu kupu museum serangga museum serangga museum serangga museum serangga museum serangga museum serangga
Sumber gambar : Museum Serangga

  

Posting Komentar untuk "Serangga dan Kehidupan Manusia"