Ordo Lepidoptera

Kupu-kupu, ngengat, ulat (Ordo Lepidoptera)

Lepidoptera berasal dari kata Lepido yang berarti sisik, dan Ptera yang berarti sayap. Ciri-ciri ordo ini antara lain :
1. Tubuh
Antenna memiliki ukuran agak panjang. Tipe mulut pada fase larva adalah penggigit pengunyah, sedangkan pada fase dewasa berubah menjadi tipe penghisap. Serangga dalam ordo ini memiliki ukuran tubuh yang kecil hingga besar. 
2. Sayap
Memiliki 2 pasang sayap dan tertutup bulu dan sisik. Ngengat dan kupu-kupu termasuk dalam ordo ini. Ngengat memiliki sayap yang tidak begitu menarik, hal ini berbeda dengan kupu-kupu yang memiliki sayap yang menarik. Fase larva pada ordo ini biasa disebut larva. 
3. Habitat
Habitat serangga dalam ordo ini adalah di areal pertanaman.
4. Perilaku
Ngengat aktif pada malam hari, sedangkan kupu-kupu aktif pada siang hari. Perkawinan sangat ditentukan oleh bau wewangian. Serangga jantan mampu mengenali bau betina hingga 1,5 km. Pada fase larva, mampu mengeluarkan benang yang digunakan untuk berpindah ataupun untuk memintal pupa.
5. Peran
Pada fase larva ini hampir seluruh serangga dalam ordo ini menjadi hama. Namun pada fase dewasa berperan sebagai pemakan sari bunga dan membantu penyerbukan tanaman.

lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera lepidoptera
Sumber gambar : Kupu-kupu dan Ngengat




1 komentar untuk "Ordo Lepidoptera"